Swipe up untuk membaca artikel

Koramil Ceper Bersama BPBD Dan Warga Gotong Royong Bersihkan Sungai Sawit

Koramil Ceper Bersama BPBD Dan Warga Gotong Royong Bersihkan Sungai Sawit

 


Klaten -  Akibat curah hujan yang sangat besar telah menimbulkan luapan air yang membawa sampah di beberapa sungai di Kecamatan Ceper. Diketahui Sungai Sawit yang berlokasi di Desa Kurung juga mengalami hal serupa, kondisinya dipenuhi sampah yang berpotensi menyebabkan banjir.

 

Kerja Bakti Koramil 23/Ceper Bersama Masyarakat Setempat Terkait hal itu, anggota Koramil 23/Ceper Pelda Ngadisa beserta 6 orang anggota Koramil melaksanakan kerja bakti bersama warga masyarakat setempat untuk membersihkan penumpukan sampah yang mengakibatkan aliran Sungai Sawit terhambat, Rabu ( 02/02/2022 ).

 

Tampak hadir, kepala Desa Kurung bapak mujioto, perangkat desa Kurung, BPBD kec Ceper bapak Tarwito, kepala relawan dari Bengawan solo bapak Alung, relawan Bengawan Solo, dan masyarakat sejumlah 34 orang.

 

Dalam kesempatan itu, Babinsa Kurung Kopda Sudomo menjelaskan salah satu masalah penyebab bencana banjir adalah sampah. Kenapa demikian, nyatanya sampah yang masuk ke aliran sungai jumlahnya sangat banyak, sehingga menumpuk di beberpa titik seperti jembatan dan pinggiran sungai yang menghambat aliran sungai tersebut.

 

"Salah satu upaya kita untuk mencegah adanya banjir yaitu dengan melakukan normalisasi aliran sungai dari sampah dan material lain yang mengambat aliran air. Agar kegiatan ini tepat sasaran dan efektif kita mengajak pihak Pemerintah Desa Kurung dan warga setempat untuk melakukan kerja bakti atau gotong royong agar cepat selesai," jelasnya.

 

Selian itu, kegiatan kerjabakti atau gotong royong ini adalah salah satu bakti nyata sekaligus penguatan kemanunggalan TNI dengan Rakyat. Kegiatan ini sebagai implementasi dari Pembinaan Teritorial (Binter), hal itu sudah menjadi bagian dari tugas pokok TNI-AD khususnya Babinsa sebagai ujung tombak aparat teritorial kewilayahan.

 

"Keberadaan kita sebagai unsur pembina kewilayahan harus bisa menjadi solutor dalam mengatasi kesulitan rakyat, terlebih menyangkut keselamatan warga dari bencana alam seperti banjir", pungkasnya.

 

Sementara itu Kepala Desa Kurung, Mujioto sangat mengapresiasi anggota Koramil 23/Ceper bersama relawan dan masyarakat yang sangat antusias dan kompak dengan bergotong royong dalam membersihkan bantaran sungai Sawit.

 

"Mudah-mudahan dengan rampungnya bakti sosial gotong royong bersama Koramil 23/Ceper dan relawan aliran air sungai kembali seperti  arus awal bersih, sehingga nyaman untuk warga dalam beraktivitas di sungai sawit ini," ungkap Kades Kurung. (Red)

berita Berita Satuan covid 19 tni