Deteksi Penyakit Tidak Menular, Lansia Desa Geneng Dicek Kesehatan - Baretta News : berita seputar militer Terkini Terbaru Terupdate Hari Ini, Kegiatan TNI, TMMD

Jumat, 29 Oktober 2021

Deteksi Penyakit Tidak Menular, Lansia Desa Geneng Dicek Kesehatan


Wonogiri – Turut aktif dalam kegiatan pelayanan kesehatan di wilayah binaanya, Babinsa Desa Geneng, Koramil 21/Bulukerto Serma Suparno, bersama dengan Kades Tarno, mendampingi petugas medis Puskesmas Bulukerto yang dipimpin Darmanto dalam memberikan pelayanan Posbindu PTM (Penyakit Tidak Menular), yang dilaksanakan di Balai Desa Geneng, Jum'at(29/10).

Posbindu adalah singkatan dari Pos Pembinaan Terpadu. Posbindu ini merupakan kegiatan deteksi dini penyakit tidak menular seperti Hipertensi, Kolesterol, Asam urat, Diabetes dan lain-lainya. Kegiatan Posbindu PTM yang dilaksanakan tersebut, bertujuan untuk memberikan penyuluhan dan pencegahan penyakit tidak menular (PTM) kepada para lansia.

" Kegiatan Posbindu PTM ini sangat penting dan bermanfaat bagi masyarakat, selaku Babinsa saya wajib ada dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar rutin mengikuti kegiatan ini, demi mengontrol kesehatan masyarakat ", ujar Babinsa.

Kegiatan yang dilakukan meliputi pendaftaran, wawancara tentang riwayat penyakit keluarga, pemeriksaan tinggi badan, tekanan darah, lingkar perut, pemeriksaan kadar lemak dalam tubuh, pemeriksaan kadar gula dalam darah, kolesterol, asam urat dan di tutup dengan konseling, terang Babinsa.

Serma Suparno menambahkan, seringkali warga tidak mengetahui jika mengidap penyakit tertentu. Untuk itu, dengan adanya Posbindu warga dapat mendeteksi dini secara cepat, untuk mengetahui serta menanggulangi agar tidak menjadi lebih parah.

Adapun hasil deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular, nantinya bisa digunakan untuk tindak lanjut pengobatan ke PKD (Poliklinik Kesehatan Desa) maupun ke Puskesmas, (Pendim 0728/Wng).

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda