Kodim Karanganyar Gelar Pembinaan Masyarakat Tanggap Bencana - Baretta News : berita seputar militer Terkini Terbaru Terupdate

Jumat, 15 Juli 2022

Kodim Karanganyar Gelar Pembinaan Masyarakat Tanggap Bencana

KARANGANYAR - Kodim 0727/Karanganyar menyelenggarakan kegiatan pembinaan masyarakat tanggap bencana tahun 2022. Dengan mengusung tema " Bersama TNI Membangun Bangsa," bertempat di Aula Makodim, Kamis 14 Juli 2022.

Dalam kesempatan tersebut Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pelaksanaan UU nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, dalam salah satu pasalnya tentang tugas operasi militer selain perang, diantaranya yaitu membantu tugas pemerintahan di daerah dan membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan. 

"Kegiatan Ini merupakan upaya preventif dan preemtif dalam menghadapi bencana di wilayah. Masalah kebencanaan dan penanggulangannya harus selalu disosialisasikan kepada masyarakat. Masyarakat harus selalu diperkuat kesadaran dan kemampuan dalam menghadapi bencana", ujarnya. 

Ia juga menambahkan, Negara kita Indonesia di seluruh wilayah, berpotensi terjadi bencana dalam segala bentuk. Bahkan ada pernyataan kita ini ibarat sleeping with enemy. Maka perlu digugah dan diperkuat kesadaran kolektif masyarakat dalam menyikapi dan menghadapi bencana. Dalam wilayah Kab. Karanganyar, bencana yang sering terjadi adalah tanah longsor, banjir dan angin puting beliung. 

Saya sangat mengapresiasi upaya para Babinsa, BPBD dan Masyarakat. Paling tidak hal ini menjadi media untuk meraih tujuan berupa, terbangunnya kesadaran bersama dalam menghadapi bencana. Tumbuhnya relawan yang tangguh di desa atau kelurahan, yang bisa menjadi Mitra bagi BPBD, TNI, Polri dan stakeholder lainnya saat terjadi bencana. 

Lebih lanjut terkait bencana non alam seperti covid-19 yang masih berlangsung, saya minta kepada para relawan agar selalu mengikuti perkembangan norma penanganan di lingkungan masing-masing, serta terus menggencarkan pelaksanaan protokol kesehatan. 

"Sebelum mengakhiri sambutan ini. Ada beberapa penekanan kepada para peserta untuk dijadikan pedoman dalam bertugas diantaranya, tingkatkan dan pelihara kesiapan sebagai aparat wilayah beserta lapisan masyarakat dalam mengatasi bencana alam di wilayah Kabupaten Karanganyar,"pungkasnya.(Tr-Kra27)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda