Siapkan Pasokan Pangan Di Masa Pandemi, Babinsa Manisrenggo Karya Bhakti Membangun Gudang Lumbung Padi - Baretta News : berita seputar militer Terkini Terbaru Terupdate

Rabu, 02 Maret 2022

Siapkan Pasokan Pangan Di Masa Pandemi, Babinsa Manisrenggo Karya Bhakti Membangun Gudang Lumbung Padi

Siapkan Pasokan Pangan Di Masa Pandemi, Babinsa Manisrenggo Karya Bhakti Membangun Gudang Lumbung Padi

Klaten - Lumbung pangan dengan konsep welfare society mendorong kesejahteraan masyarakat desa terus meningkat. Oleh karenanya Babinsa Koramil 12/Manisrenggo Kodim 0723/Klaten, Serka Widodo Purnomo bersama warga binaan lakukan Karya bakti membangun  Gudang Penyimpanan Lumbung Padi di samping balai Desa Taskombang Kec Manisrenggo.Rabu (2/3/2022)

Kata Babinsa Serka Widodo Purnomo, Masyarakat tak perlu khawatir akan terjadi kekurangan pasokan pangan atau kenaikan harga pangan saat pandemi Covid-19 yang hingga hari ini masih belum juga mereda. Apabila para petani memiliki tabungan beras atau gabah pada masa-masa paceklik, maka kebutuhan pangan akan tetap tercukupi.

Pada kesempatan ini Babinsa kordinasi mengajak aparatur desa untuk menyiapkan tempat yang dapat di gunakan untuk menyimpan stok padi, dan dari hasil kordinasi tersebut lanjut bersama warga Babinsa melakukan  gotong royong membangun gudang Lumbung pangan atau tempat penyimpanan padi sebagai sebuah konsep menawarkan perspektif bahwa desa merupakan pusat pertumbuhan ekonomi dengan dinamika sosial yang positif dan progresif.

Lanjut Babinsa, Pada saat bersamaan kemiskinan terkurangi, menguatnya aset desa, meningkatnya produktivitas lahan, dan semakin menguatkan kapasitas masyarakat desa taskombang khususnya. Manfaat ini juga dapat dimaksimalkan pada saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini."tambahnya

Aris Sumarno selaku kepala desa Taskombang menyampaikan, serupa yang di katakan Babinsa bahwa Lumbung pangan bisa juga berarti suatu ruang atau wadah penyimpanan bahan makanan pokok masyarakat desa taskombang,  Difungsikan saat kondisi rentan akan masa paceklik, ketahanan pangan yang terancam, dan kondisi darurat hasil panen pertanian minim, serta perladangan untuk kelanjutan hidup masyarakat desa taskombang sendiri.

"Oleh karena itu dengan dorongan semangat dari Pak Babinsa kami bersama warga berupaya membangun tempat ruang atau dengan nama lain gudang Lumbung padi, guna menyimpan stok pangan/padi hasil panen para petani desa taskombang.

" Mewakili warga masyarakat desa taskombang, kepala desa mengucapkan terimakasih kepada Pak Babinsa yang telah memupuk semangat gotong royong ditengah tengah masyarakat." tutup Aris Sumarno (Red).

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda