Swipe up untuk membaca artikel

Kapolri Apresiasi Upaya Dandim, Kapolres dan Bupati dalam Percepatan Vaksinasi di Klaten

Kapolri Apresiasi Upaya Dandim, Kapolres dan Bupati dalam Percepatan Vaksinasi di Klaten

Klaten - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau kegiatan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga yang digelar di Gedung IPHI Delanggu, Sabtu ( 12/3/2022). Tinjauan tersebut guna memastikan percepatan vaksinasi, khususnya dosis kedua dan ketiga berjalan dengan baik.

Dalam kunjungan tersebut, Kapolri yang didamping Kapolda Jawa Tengah dan DPR RI mengapresiasi capaian vaksinasi di Kabupaten Klaten. Menurutnya upaya yang dilakukan Pemkab Klaten dengan dukungan Polres dan Kodim setempat sangat maksimal sehingga sebagian besar masyarakat sudah tervaksin.

"Hal ini tentu kabar yang menggembirakan, harapannya dengan percepatan vaksinasi ini masyarakat Jawa Tengah, khususnya di Klaten, semakin sehat dan memiliki kekebalan terhadap varian baru virus Covid," ungkapnya.

Total dosis vaksin yang diberikan sebanyak 2.500 suntikan dan sebagian besar merupakan penyuntikan dosis ketiga. Selain di Klaten, percepatan vaksinasi Covid-19 juga digelar di beberapa daerah lainnya dengan total target yang diberikan dalam sehari 1,5 juta dosis.

Kapolri menyampaikan upaya percepatan vaksinasi tersebut akan terus dilakukan. Khususnya menjelang masuknya bulan Ramadan tahun ini.

"Apalagi kita akan menghadapi bulan Ramadan dimana interaksi dan mobilitas masyarakat meningkat. Kita juga ada budaya mudik, yang mau tidak mau kita harus mempersiapkan masyarkat kita. Ada kegiatan kegiatan, semua siap karena memiliki kekebalan dan imunitas yang baik dan juga penyebaran Covid bisa kita kendalikan," paparnya.

Adapun capaian vaksinasi di Jawa tengah antara lain; dosis pertama 91,36%, dosis kedua 77,34%, dosis ketiga 7,3%. Sementara di Klaten dosis pertama 91,76%, dosis kedua 86,48%, dosis ketiga 9,48%. "Angka-angka ini merupakan capaian yg cukup baik, karena di daerah lain masih mengejar untuk dosis dua-nya. Terima kasih ibu Bupati, mohon terus ditingkatkan dan tentunya angka-angka ini terus kita ikuti perkembangannya," kata Kapolri mengapresiasi.

Lebih lanjut, Jenderal Listyo meminta masyarakat untuk mendukung upaya pemerintah dalam mengendalikan penyebaran Covid-19. Di antaranya dengan memperhatikan protokol kesehatan khususnya memakai masker.

"Selain itu, angka kasus aktif cenderung mengalami penurunan. Untuk menjaga dan mempertahankan capaian ini kita harus selalu memperhatikan protokol kesehatannya, terutama memakai masker meskipun sudah mendapatkan vaksin dosis kedua maupun ketiga. Karena ini bagian dari upaya kita agar segera bebas dari pandemi," imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Klaten, Sri Mulyani menyampaikan terima kasih atas kunjungan Kapolri untuk meninjau percepatan vaksinasi di Klaten. Ia berharap hadirnya Kapolri secara langsung ke Klaten, menjadi penyemangat Pemkab Klaten dan jajaran untuk meningkatkan capaian vaksinasi khususnya vaksinasi booster.

"Percepatan vaksinasi di Klaten tidak terlepas dari peran Kapolres Klaten dan Dandim 0723/Klaten beserta jajaran yang turut mendukung kegiatan vaksinasi di Klaten. Selain itu kesadaran masyarakat sangat baik sehingga turut mendukung upaya yang dilakukan pemerintah," paparnya. (Red)
berita Berita Satuan covid 19 tni