Kodim Sragen - Babinsa Bukuran : Sambut Musim Hujan dengan Lingkungan yang Sehat - Baretta News : berita seputar militer Terkini Terbaru Terupdate Hari Ini, Kegiatan TNI, TMMD

Kamis, 28 Oktober 2021

Kodim Sragen - Babinsa Bukuran : Sambut Musim Hujan dengan Lingkungan yang Sehat

Babinsa Bukuran : Sambut Musim Hujan dengan Lingkungan yang Sehat



Wujud kedekatan dengan warga di wilayah binaan, Sertu Giyanto Babinsa Ds. Bukuran Koramil 18/Kalijambe Kodim 0725/Sragen melaksanakan komsos dengan Jaringter serta kepada warga masyarakat dk. Grogolan Rt.17 ds. Bukuran, Kamis (28/10/2021 ).

Sertu Giyanto menjelaskan di akhir tahun ini, kita sudah mulai memasuki musim hujan. Dengan datangnya musim hujan, artinya kita juga harus bersiap untuk menghadapi segala konsekuensinya. Mulai dari banjir, tanah longsor, sampai terserang berbagai penyakit. Karena itu, warga diminta mempersiapkan lingkungan tempat tinggalnya untuk menghadapi musim hujan.

Giyanto menyebutkan, penyakit yang sering timbul di musim penghujan adalah penyakit yang disebabkan oleh adanya penurunan kekebalan tubuh akibat perubahan cuaca ekstrim. Flu, penyakit kulit, diare, dan juga Covid-19 jadi salah satu penyakit yang berpotensi menular di musim hujan.

Musim hujan juga biasanya membuat sistem sanitasi menjadi tidak lancar, hal ini kemudian membuat warga semakin beresiko terpapar berbagai penyakit. Penyakit yang diakibatkan oleh sanitasi yang buruk adalah "Diare, tifoid, penyakit kulit, leptospirosis," kata Giyanto.

Nyamuk yang berkembang biak pada musim hujan juga patut diwaspadai karena bisa menyebabkan demam berdarah dan malaria. "(penyakit) yang ditularkan oleh serangga yang berkembang biak pada musim hujan. (seperti) nyamuk demam berdarah, malaria, misalnya," jelasnya.

Maka dari itu, Sertu Giyanto menyarankan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, membersihkan sanitasi, menggunakan toilet dengan sistem tertutup, dan tidak membuang sampah ke sungai. Sampah yang dibuang juga harus dibuang supaya tidak mencemari lingkungan. 





Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda