Babinsa Rapat Koordinasi Tentang Pengelolaan Sampah Dan Himbau Prokes Covid-19 - Baretta News : berita seputar militer Terkini Terbaru Terupdate Hari Ini, Kegiatan TNI, TMMD

Minggu, 06 Juni 2021

Babinsa Rapat Koordinasi Tentang Pengelolaan Sampah Dan Himbau Prokes Covid-19


Klaten - Pelda Agus Subagyo Wakili Danramil 22 Wonosari dan Kopda Agista Babinsa Koramil 22 Wonosari Kodim 0723 Klaten Bersama Forkopincam Wonosari Menghadiri Rapat Koordinasi tentang pengelolaan sampah di Gedung PKK Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten,(5/6/2021)

Turut Hadir dalam Kegiatan tersebut diantaranya Camat Wonosari Muhamad Nur Rosyid Sip, Kapolsek Wonosari diwakili Iptu Sunarto SH, Danramil 22 Wonosari diwakili Pelda Agus Subagyo,Kopda Agista Babinsa Koramil 22 Wonosari,Kasi Pemerintahan Kec Wonosari,Kades SE Kecamatan Wonosari

Camat Wonosari menyampaikan bahwa rapat koordinasi ini membahas mengenai sampah yang pengelolaannya belum sesuai dengan harapan. 

Hal ini dikarenakan persoalan kesadaran masyarakat pada sampah yang kurang maksimal sehingga diperlukan adanya edukasi, tidak hanya tentang sistem kumpul-angkut-buang, melainkan tentang ketersediaan tempat pembuangan sementara dan Bank sampah di Desa-Desa Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten.

Menurut data yang disampaikan oleh Sekretaris  Kecamatan Wonosari, dalam sehari jumlah rata-rata pembuangan sampah per orang mencapai 0,4kg

Pengelolaan sampah merupakan urusan wajib dalam pelayanan dasar yang menjadi prioritas bagi desa dan kelurahan, karena sumber utama penghasil sampah berasal dari sampah rumah tangga yang belum terpilah, baik itu sampah organik maupun non-organik. 

Oleh karena itu, dalam Pergub Nomor 56 tahun 2012 tentang pedoman pengelolaan sampah, dikatakan bahwa setiap desa dan kelurahan wajib menyediakan Tempat Pembuangan Sementara (TPS).

Pelda Agus Subagyo menyampaikan  melalui rapat koordinasi ini, diharapkan semua pihak dapat berpartisipasi demi terlaksananya program pengelolaan sampah yang ada, serta dapat melakukan edukasi terkait program kepada warga masyarakat.

Babinsa juga akan mendukung semua Program Pemerintah kecamatan Wonosari tentang pengelolaan Sampah dengan ikut berperan aktif Menghimbau warga Diwilayah Binaan masing 2 agar tidak membuang sampah sembarang.

" sampah harus dikelola dengan baik ,untuk mewujudkan lingkungan yang sehat dan bersih, dan jangan lupa selalu lakukan protokoler kesehatan Covid-19 dalam setiap kegiatan apapun, " Ungkap Pelda Agus Subagyo. (Red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda