Babinsa Kodim Klaten Hadiri Sosialisasi Pemuntakhiran Data IDM Berbasis SDG'S Karangdowo - Baretta News : berita seputar militer Terkini Terbaru Terupdate Hari Ini, Kegiatan TNI, TMMD

Selasa, 06 April 2021

Babinsa Kodim Klaten Hadiri Sosialisasi Pemuntakhiran Data IDM Berbasis SDG'S Karangdowo

Babinsa Kodim Klaten Hadiri Sosialisasi Pemuntakhiran Data IDM Berbasis SDG'S Karangdowo

 


Klaten | Babinsa Bakungan Serda Ibnu Nugroho Anggota Koramil 17/Karangdowo, Kodim 0723/klaten bersama kepala desa beserta perangkat desa Bakungan, Bhabinkamtibmas,ketua RT, RW dan tokoh masyarakat desa Bakungan melaksanakan kegiatan sosialisasi pemuktahiran data IDM berbasis SDG'S di Aula balai desa Bakungan kec karangdowo, kab Klaten.Selasa 6/04/2021.

 

Babinsa Bakungan mengatakan dengan adanya sosialisasi ini di harapkan RT dan RW paham dan mengerti apa yang akan di sampaikan pembawa materi tentang pemuktahiran data IDM (Indeks desa membangun)Sesuai dengan tema pembahasan hari ini.ungkap Serda Ibnu

 

Kepala desa Bakungan Bpk Agus Krisnanto membuka Acara  dan memberikan sambutan Sosialisasi Pemuktahiran data IDM berbasis SDG'S.Kami harap Seluruh warga masyarakat tahu guna memperlancar pembangunan dan mensejahterakan masyarakat dengan berpedoman data yang benar benar apa adanya .

 

untuk materi ini nanti akan di sampaikan ahlinya bapak Joko.Mari kita dengarkan bersama sama sosialisasi ini dari pembawa materi .Ungkap Bpk Agus Krisnanto.

 

Selaku pembawa materi sosialisasi Joko menyampaikan Indeks Desa Membangun (IDM) merupakan Indeks Komposit yang dibentuk berdasarkan tiga indeks, yaitu Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi dan Indeks Ketahanan Ekologi/Lingkungan.

 

Perangkat indikator yang dikembangkan dalam Indeks Desa Membangun dikembangkan berdasarkan konsepsi bahwa untuk menuju Desa maju dan mandiri perlu kerangka kerja pembangunan berkelanjutan di mana aspek sosial, ekonomi, dan ekologi menjadi kekuatan yang saling mengisi dan menjaga potensi serta kemampuan Desa untuk mensejahterakan kehidupan Desa.

 

Indeks Desa Membangun memotret perkembangan kemandirian Desa berdasarkan implementasi Undang-Undang Desa dengan dukungan Dana Desa serta Pendamping Desa. 

 

Maksud dan tujuan kegiatan ini mensosialisasikan pemutakhiran data IDM berbasis SDGs th 202 , Hasil yang diharapkan kades dan sekdes memahami maksud dan tujuan, dasar pelaksanaan, alur dan proses kegiatan dan rencana kerja tindak lanjut pemutakhiran IDM berbasis SDGs

 

Implikasi lapangan yang diharapkan kan agar dalam perencanaan pembangunan desa, mendasarkan semua kegiatan yg akan dilaksanakan dgn berbasis IDM Desa sehingga desa membangun sosial, ekonomi dan lingkungan dengan arah yang benar. (Red).

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda