Babinsa Tlogorandu Koramil 21 Juwiring Hadiri Sosialisasi Optimalisasi FKD - Baretta News

Jumat, 23 Oktober 2020

Babinsa Tlogorandu Koramil 21 Juwiring Hadiri Sosialisasi Optimalisasi FKD

BabinsaTlogorandu Koramil 21 Juwiring Hadiri Sosialisasi Optimalisasi FKD

 


Kodim Klaten | Babinsa Desa Tlogorandu Koramil 21/Juwiring Kodim 0723/Klaten Serka Dwi Paryono menghadiri acara Sosialisasi Optimalisasi FKD (Forum Kesehatan Desa) yang diselenggarakan Puskesmas Juwiring bertempat di Aula Kantor Desa Tlogorandu Kecamatan Juwiring, Kab. Klaten, Kamis (15/10/2020).

 Babinsa Tlogorandu Koramil 21 Juwiring Hadiri Sosialisasi Optimalisasi FKD

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Puskesmas Juwiring Dr. H. Iin Delfi Indraswati, M.Kes, Kades Tlogorandu Yulianto, SH beserta perangkat, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Ds. Tlogorandu, Bidan Ds. Tlogorandu, Ketua BPD Tlogorandu, Ketua RT dan RW se Desa Tlogorandu, Perwakilan Kader Kesehatan Ds. Tlogorandu dan Mahasiswa KKN Universitas Batik Surakarta.

 

Dalam sambutannya, Ketua FKD Tlogorandu Ibu Mugiyati menuturkan bahwa pertemuan ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja, capaian serta permasalahan yang dihadapi oleh FKD.

 

" Karena kesibukan pengurus dan lain hal, peranan FKD selama ini kurang dirasakan oleh masyarakat. Dengan adanya acara ini diharapkan ke depannya akan lebih baik, " ujarnya.

 

Dalam pertemuan kali ini, dibahas permasalahan tentang kunjungan dan pengecekan bagi ibu-ibu yang mempunyai bayi masih belum merata, sehingga perlu di tingkatkan. Masalah Buang Air Besar sembarangan, masih adanya warga yang didapati BAB sembarangan dikarenakan adanya kendala lahan terbatas serta kesadaran cuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan masih kurang.

 

Sementara itu Kepala Puskesmas Juwiring Dr. H. Iin Delfi Indraswati, M.Kes mengharapkan peningkatan kinerja dari FKD. Menurutnya, FKD adalah tonggak dari Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM), dimana masyarakat harus ikut peduli dengan permasalahan kesehatan yang terjadi di lingkunganya.

 

"Apabila ada permasalahan kesehatan di lingkunganya, masyarakat secara mandiri mengidentifikasi dan mengatasi masalah tersebut sehingga tujuan akhirnya adalah terbentuk Desa Sehat Mandiri. Agar target terbentuknya Desa Sehat Mandiri dapat segera terwujud, diharapkan agar pertemuan seperti seperti ini rutin dilaksanakan", jelasnya. Pendim Klaten

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda