Kamis, 12 Maret 2020

Cegah Petani Gagal Panen, Serka Riyanto Bersama PPL Klaten Utara Melaksanakan Pendampingan KepadaPetani

Klaten - Babinsa Ketandan Serka Riyanto bersama Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL)  Klaten utara Rois Kusdiyanto melaksanakan kegiatan pendampingan upsus cara pengolahan tanah kepada pemilik sawah Sutiman yang merupakan  Kelompok Tani  Dadi makmur di Dukuh  Karangnongko Desa Ketandan Kecamatan Klaten  Utara, Rabu (12/03/2020).



 

Dalam kesempatan tersebut dijelaskan tentang tahapan pengolahan tanah mencakup  perbaikan pematang / galengan dan saluran, sudut sudut petakan dicangkuli untuk memperlancar pembajakan traktor biar merata.

 

"Tujuan membajak sawah adalah untuk memberantas Gulma karena dengan adanya pembajakan tumbuhan dan biji gulma akan terbenam dan menambah unsur organik karena pupuk hijau yg berasal dari rumput akan terbenam dan bercampur dengan tanah," terang Rois Kusdiyanto.

 

Rois menambahkan bahwa Dengan matinya Gulma dan membusuk menjadi humus, aerasi tanah menjadi baik, lapisan bawah tanah menjadi jenuh air sehingga dapat menghemat air.



 

Sementara itu Serka Riyanto menjelaskan bahwa pendampingan kepada petani kali ini bertujuan agar  petani dapat mengerti dan  paham tentang tata cara pengolahan tanah untuk penyiapan tanaman padi yang benar dan nantinya bisa mendapatkan hasil panen yang maksimal

 

"Kami bersama dengan PPL akan selalu mendampingi petani dari penyiapan lahan sampai musim panen nanti, agar hasil panen dapat maksimal dan kesejahteraan petani dapat meningkat," pungkasnya. 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon