Swipe up untuk membaca artikel

BABINSA DUKUH BANTU PETANI BAJAK SAWAH

BOYOLALI. Babinsa Dukuh Koramil 08/Banyudono Kodim 0724/Boyolali Serma Kurniadi membantu petani membajak sawah lahan milik Bapak Kardi anggota Kelompok Tani "Sejahtera" Dukuh Malangan, Desa Dukuh, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali, Senin( 03/02).

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya khusus (Upsus) TNI AD untuk mendukung progam swasembada pangan Kecamatan Banyudono, terlebih khusus di Kabupaten Boyolali.

Keterlibatan Babinsa dalam hal ini selain pendampingan Gapoktan para Babinsa harus terjun langsung membantu petani mulai dari penyiapan lahan, pembajakan, pembibitan, penanaman hingga saat panen tiba.

Menurut Babinsa Koramil 08/Banyudono Kodim 0724/Boyolali Serma Kurniadi kegiatan yang dilakukan ini untuk memberikan motivasi kepada para petani agar segera mengolah sawahnya untuk mempercepat masa tanam. Hal ini dilakukan karena kebiasaan para petani setelah masa panen kadang terlambat mengolah kembali lahan sawahnya dengan alasan dan kesibukan menjemur gabah. Hal ini harus terus diingatkan terus agar lahan sawahnya tidak terlalu lama mengganggur.

"Bila percepatan penanaman padi terus dilakukan maka bisa dipastikan hasil panen petani tahun ini akan meningkat, kegiatan ini kita laksanakan sebagai bentuk tugas dan tanggungjawab sebagai seorang Babinsa". Ujar Babinsa Serma Kurniadi.

Bapak Kardi selaku pemilik lahan, mengucapkan terima kasih kepada Babinsa yang telah mendampingi kami (petani) dalam kegiatan pembajakan sawah ini sehingga kami semakin bersemangat untuk percepatan masa tanam, semoga hasil panen nanti hasilnya akan melimpah dalam rangka mendukung program swasembada pangan nasional. (Penerangan Kodim 0724/Boyolali)

 

 

berita tni