Swipe up untuk membaca artikel

Tim Satgas Pangan Mabes TNI Pantau PAT Di Wilayah Karanganyar

KARANGANYAR — Pengawasan Kegiatan dan Evaluasi Program PAT (Penambahan Area Tanam) padi melalui kegiatan Pompanisasi di wilayah Kodim 0727/Karanganyar dari Tim Satgas Pangan Mabes TNI Mayjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos., S.H., M.Han yang di dampingi Komandan Kodim Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., Sabtu 11 Mei 2024.

Tim Satgas Pangan Mabes TNI mendatangi sejumlah kelompok tani di Karanganyar, yang sebelumnya mendapatkan bantuan program pompanisasi. Pengecekan dilakukan langsung oleh Kepala Satgas Pangan Mayjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani kepada kelompok tani di Kelurahan Tegalgede, Karanganyar.

"Saya ingin memastikan langsung apakah program pompanisasi telah berjalan di wilayah Karanganyar atau belum," ujar Ahmad Rizal.

Program pompanisasi digulirkan karena pada bulan Juni, Juli, Agustus dan September sudah memasuki musim kemarau.

"Nah program pompanisasi ini sebagai salah satu upaya mengantisipasi musim kemarau. Kami harapkan petani tetap bisa mengairi sawah mereka," imbuh dia.

Di samping untuk membantu petani dalam mendapatkan air di musim kemarau, menurut Ahmad Rizal, program pompanisasi ini juga sebagai upaya menjaga ketahanan pangan nasional.

"Satu alat pompanisasi ini kita harapkan mampu untuk mengairi lahan persawahan sekitar 10 hektare," ucap Ahmad Rizal.

Selain mengecek program pompanisasi, Kepala Satgas Pangan juga menampung aspirasi para petani di wilayah Kelurahan Tegalgede, Karanganyar.

Sejumlah petani pun menyampaikan unek-unek mereka. Mulai soal irigasi pertanian hingga kesusahan mencari pupuk.

Lewat Program Pompanisasi Satgas Pangan Mabes TNI, Karanganyar Targetkan Perluasan Lahan Pertanian 410 Hektare.

Sementara itu, Kepala Dispertan PP Karanganyar Siti Maesaroh mengungkapkan, program pompanisasi dilakukan untuk mendukung ketahanan pangan nasional.

Pemkab Karanganyar mendapat 41 mesin pompa air yang dibagikan ke kelompok tani, Satgas Ketahanan Pangan dan beberapa anggota TNI dari Kodim 0727/Karanganyar.

Dengan bantuan ini, Siti menargetkan ada perluasan lahan pertanian di Karanganyar sekitar 410 hektare.

"Karena kita mendapat 41 alat pompa air, dimana masing-masing pompa air diharapkan mampu untuk mengairi lahan sawah sebanyak 10 hektare," tandas Siti.(Sw-Kra27)
berita Berita Satuan tni