Swipe up untuk membaca artikel

Ratusan Saka Wira Kartika Angkatan 10 Digembleng Kodim 0728/Wonogiri, Ini Harapannya

Wonogiri - Guna membentuk dan membina generasi muda sebagai calon pemimpin-pemimpin bangsa dimasa depan melalui kegiatan kepramukaan, Kodim 0728/Wonogiri melaksanakan upacara pembukaan anggota Saka Wira Kartika Angkatan 10, Kamis(28/12/2023).

Kegiatan dibuka dihalaman Makodim oleh Dandim 0728/Wonogiri Kak Letkol Inf Edi Ristriyono selaku Kamabisaka Wira Kartika Kodim 0728/Wonogiri, yang diwakili oleh Pamong Saka Wira Kartika Kak Pelda Gatot Haryanto dan diikuti sebanyak 202 anggota Saka Wira Kartika angkatan 10 serta 120 anggota Sangga Kerja Saka Wira Kartika.

Melalui Kak Pelda Gatot, Dandim menyampaikan bahwa kegiatan Saka Wira Kartika Kodim 0728/Wonogiri ini bertujuan untuk membentuk dan membina generasi muda, sebagai calon pemimpin-pemimpin bangsa dimasa depan agar memiliki kepribadian yang kuat, disiplin, pantang menyerahnya, inovatif, serta mendorong keberhasilan cita-cita bangsa.

"Untuk itu, saya berharap kepada seluruh peserta, agar kegiatan ini betul-betul dilaksanakan dengan baik, guna memantapkan tekad kaum muda sebagai patriot pembangunan, karena tantangan Negeri kita dimasa depan semakin kompleks ", ujarnya.

Lebih lanjut Kak Pelda Gatot mengingatkan, agar generasi muda menjadi manusia manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki kepribadian yang tangguh, terampil dan berpengetahuan, sehat dan kuat jasmani, serta memiliki kesetiakawanan yang tinggi.  
Kak Pelda Gatot menerangkan, selama Tiga hari anggota Saka Wira Kartika angkatan 10 akan dibekali berbagai materi diantaranya, pembinaan syarat kecakapan khusus Saka Wira Kartika yang meliputi : Krida Navigasi Darat, Krida Pioneering, Krida Monitoring, Krida Survival dan Krida Penanggulangan Bencana, pembinaan kesadaran bela negara dan outbound, untuk meningkatkan kedisiplinan, kepemimpinan dan tanggung jawab.

Untuk diketahui, Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika merupakan Program Kerja TNI AD Bidang Teritorial yang bertujuan membina generasi muda agar mempunyai kegiatan positif, sehingga dapat terhindar dari kegiatan negatif, serta dapat membentuk patriot bangsa yang setia, berbhakti dan menjujung tinggi nilai luhur keutuhan bangsa dan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa.

Kegiatan yang berlangsung selama Tiga hari mulai tanggal 26 - 28 Desember tersebut diikuti oleh anggota Pramuka yang merupakan binaan Kodim 0728/Wonogiri, (Pendim 0728/Wng).
berita Berita Satuan tni