Swipe up untuk membaca artikel

Tanggap Bencana, Desa Sambirejo Gandeng Koramil 22/Slogohimo Berikan Pelatihan Penanggulangan Bencana

Wonogiri - Bencana alam tidak tahu kapan akan datangnya, dan kepada siapa bencana itu akan melanda.  Bencana datang dengan tiba – tiba, membawa kerugian yang tidak sedikit baik materi maupun yang lainnya bahkan sampai korban jiwa.

Untuk itu  apabila datang bencana kita semua bisa cepat bertindak sehingga korban bisa diminimalkan sekecil mungkin. Untuk mengantisipasi terjadinya bencana yang terjadi, Desa Sambirejo, Kecamatan Slogohimo menggelar kegiatan pelatihan penanggulangan bencana lokal desa, dengan mendatangkan instruktur dari Koramil 22/Slogohimo yakni Serka Dwi Prasetyono dan Serda Awaludin, Selasa(28/11/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Desa tersebut, diikuti sebanyak 21 orang anggota Destana Desa Sambirejo dan turut dihadiri oleh Kepala Desa Sambirejo Yahmanto. Serka Dwi selaku instruktur penanggulangan bencana menyampaikan bahwa, tujuan dilaksanakan kegiatan pelatihan ini adalah agar para relawan penanggulangan bencana dapat bergerak dengan cepat, menguasai tugas yang telah diberikan untuk membantu dan menolong disaat bencana datang.
"Mereka juga diharapkan mengetahui prosedur yang benar dalam menangani bencana termasuk tehnik mengevakuasi korban sehingga korban dapat tertolong secepat mungkin", ucapnya.

Dirinya menambahkan, dengan adanya pelatihan ini diharapkan menjadi tambahan pengetahuan dan melatih kesigapan, serta kesiap siagaan anggota Destana. "Menghadapi cuaca yang sering ekstrim, kita harus tanggap akan bencana, lebih-lebih sebagai Tim Destana", pungkasnya.(Red).
berita Berita Satuan tni