Swipe up untuk membaca artikel

Penekanan Dan Ucapan Terimakasih KASAD Kepada Prajurit Dan PNS TNI AD

KARANGANYAR – Selasa 17 Pebruari 2023, Kodim 0727/Karanganyar menggelar Upacara 17-an. Adapun yang bertindak sebagai Irup adalah Komandan Kodim  0727/ Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P.,
bertempat di lapangan Makodim.

Melalui momen upacara tujuh belasan pada tahun 2023 ini saya (KASAD) mengucapkan terima kasih yang tulus serta penghargaan yang setinggi-tinginya atas kerja keras, dan dedikasi yang ditunjukkan oleh seluruh Prajurit dan PNS Angkatan Darat. Karena sepanjang tahun 2022 yang lalu, berbagai tugas yang diamanatkan oleh negara, telah dapat kita selesaikan dengan baik. 

Di Tahun 2022 berbagai tugas seperti pengamanan perbatasan, penanggulangan bencana alam, termasuk penanganan masalah stunting dan ketahanan pangan, serta tugastugas perbantuan lainnya, telah menjadi bukti nyata pengabdian kita kepada bangsa dan negara. 

Pencapaian ini tentu harus dapat kita pertahankan dan tingkatkan di tahun ini, karena berbagai agenda tugas yang bersifat nasional maupun internasional juga menuntut kesiapan TNI AD di tahun 2023 ini. 

Meski banyak prestasi yang berhasil ditorehkan TNI AD pada tahun Ialu, namun demikian masih terdapat berbagai kekurangan yang harus segera diperbaiki yaitu, masih adanya berbagai pelanggaran yang dilakukan oleh Prajurit maupun PNS TNI AD. Hal ini harus menjadi introspeksi kita bersama agar tidak terulang di masa mendatang. 

Dalam rangka mewujudkan bangsa Indonesia yang adil dan makmur, kita akan terus menghadapi berbagai tantangan dan dinamika persoalan, baik yang berasal dari dalam maupun luarnegeri. 

Dinamika permasalahan bangsa tersebut, tentunya akan semakin kompleks dan dinamis, terlebih dengan terus berkembangnya teknologi informasi saat ini. Perkembangan teknologi dapat membuat seseorang terasa menggenggam dunia.

Oleh karena itu, saya berpesan kepada seluruh Prajurit beserta keluarganya yaitu agar bijak dalam menggunakan media sosial, saring informasi yang diterima sebelum sharing kepada teman maupun keluarga. 

Satu hal yang perlu mendapat perhatian dari kita semua adalah ancaman polarisasi sosial. Di tahun 2023 ini kita memasuki tahun politik dan menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Kita dibayang-bayangi oleh kekhawatiran akan terjadinya polarisasi masyarakat pendukung pasangan capres seperti terjadi pada Pilpres 2019 dan sebelumnya, yang mengancam persatuan dan kesatuan NKRI. 

Kasad meminta jajaran TNI AD tetap menjaga Netralitas saat pelaksanaan tugas dalam menghadapi tahun politik 2024, sebagaimana perintah dari Presiden maupun Panglima TNI. 

Memasuki awal Triwulan satu TA. 2023, perlu saya sampaikan kepada para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) untuk mengecek program-program dan kegiatan yang ada di Daftar lsian Pelaksanaan Anggaran (DIPA), bila ada kendala dalam melaksanakan kegiatan sesuai program, segera dilaporkan dan ditindaklanjuti, sehingga program dan kegiatan yang kita jalankan di Tahun 2023 dapat berjalan sesuai rencana dengan hasil maksimal. 

Selain masalah anggaran, yang perlu diwaspadai saat ini adalah fenomena bencana alam seperti banjir, gempa dan tanah longsor. Karena hal itu dapat mengakibatkan kerusakan pada sektor ekonomi, sosial dan lingkungan. Kerusakan infrastruktur dapat mengganggu aktivitas sosial, korban jiwa, kerusakan ekosistem dan hilangnya tempat tinggal. Hal ini akan berdampak pada krisis ketahanan pangan, krisis air dan meningginya permasalahan stunting. 

Oleh karenanya, program-program yang sudah kita jalankan untuk memberikan bantuan kepada pemerintah daerah melalui perbantuan penanggulangan bencana alam, mengatasi konflik komunal, percepatan pembangunan, pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat harus dipertahankan dan ditingkatkan,"terang KASAD Jendral TNI Dudung Abdurrahman melalui Komandan Kodim Karanganyar Letkol Army.(Lam-Kra27)
berita Berita Satuan tni