Swipe up untuk membaca artikel

Babinsa Ceper Sambang Pos Kamling Desa Binaan


 

Klaten - Karena pentingnya Sistem keamanan lingkungan (Siskamling) dalam menjaga Kamtibmas di wilayah binaan, Babinsa Kelurahan Ngawonggo Koramil 23/Ceper Kodim 0723/Klaten Koptu Sarwono melaksanakan patroli malam sambang Pos Kamling yang ada di wilayah RT 02 Desa Ngawonggo Kec. Ceper Kab. Klaten. (31/8/2022)

 

Saat ditemui Babinsa Koptu Sarwono, Sukardi (56) warga RT 02 Ngawonggo sebagai ketua regu ronda menuturkan bahwa dalam ronda biasanya terbagi menjadi beberapa kelompok untuk melaksanakan patroli.

 

"Pelaksaanan patroli, kita menyebar di setiap gang rumah warga sambil melihat situasi dan kondisi lingkungan serta sambil mengambil jimpitan (berupa uang Rp.500) yang disiapkan di dalam wadah kecil yang terletak di bagian depan setiap rumah warga," jelas Sukardi

 

Koptu Sarwono di kesempatan itu juga menyampaikan bahwa Siskamling merupakan upaya bersama dalam meningkatkan sistem keamanan dan ketertiban masyarakat yang memberikan perlindungan dan pengamanan bagi masyarakat dengan mengutamakan upaya-upaya pencegahan dan menangkal bentuk-bentuk ancaman dan gangguan Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat).

 

"Kesadaran masyarakat dalam berpartisipasi bidang keamanan dan ketertiban merupakan potensi pengamanan swakarsa yang perlu dilestarikan dan ditingkatkan guna menumbuh kembangkan sikap temu cepat, lapor cepat apabila ada permasalahan di masyarakat." Ucap Babinsa Koptu Sarwono.

 

"Selain itu, kepekaan dan daya tanggap setiap warga masyarakat sangat dibutuhkan dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban di setiap lingkungannya masing-masing," tutupnya. (Red)

berita Berita Satuan covid 19 TMMD TMMD Reg tni