Wakili Danramil, Pelda Rohmat Hadiri Musyawarah Antar Desa Dalam Penetapan Pendirian BUMDes - Baretta News : berita seputar militer Terkini Terbaru Terupdate

Selasa, 02 Agustus 2022

Wakili Danramil, Pelda Rohmat Hadiri Musyawarah Antar Desa Dalam Penetapan Pendirian BUMDes


Wonogiri – Pelda Rahmat, BatiTuud Koramil 10/Wuryantoro, mewakili Danramil Kapten Cpl Eko Joko Susanto menghadiri kegiatan Musyawarah Antar Desa (MAD) Penetapan Pendirian BUMDes, bersama Unit Pengelola Keuangan (UPK) Mandiri Wuryantoro dan Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD), Kecamatan Wuryantoro, yang bertempat di Pendopo Kecamatan, Selasa(2/8).

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kepala Dinas PMD Kabupaten Wonogiri Antonius Purnama Adi, Camat Wuryantoro Rahmat Imam Santosa, Kanit Sabhara Polsek Wuryantoro Aiptu Mulyono, Lurah/Kepala Desa se-Kec. Wuryantoro, Pengurus BPD dan LPM masing - masing Desa/Kelurahan, Tokoh Masyarakat Wilayah Kecamatan Wuryantoro.

Badan Usaha Milik Desa atau yang sering disebut BUMDes merupakan salah satu kelembagaan ekonomi di desa yang saat ini sedang diupayakan untuk dikembangkan dan diupayakan untuk menjadi salah satu penggerak roda perekonomian di desa, Sesuai dengan UU No 6 tahun 2014 pasal 87 ayat 3 bahwa BUMDes dibentuk dengan peraturan desa (perdes), hal ini memberikan kesempatan dan peluang yang sangat luas bagi desa untuk membentuk badan usaha.

Antonius dalam sambutannya mengatakan, BUMDes mempunyai tujuannya untuk memperkuat perekonomian desa dan di bentuknya kepengurusan Bumdes, berdasarkan kebutuhan sesuai dengan kemampuan potensi desa, dengan demikian kegiatan ini diharapkan pengembangan BUMDes dapat meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat.

Lebih lanjut Kadis PMD menyampaikan, setelah dibentuk BUMDes diharapkan nantinya akan tumbuh dan berkembang kearah yang sejalan dengan semangat berprofit dan beroperasional secara ideologis, sehingga benar-benar mendatangkan benefit, sebagaimana karakter yang harus ada di BUMDes, serta tetap mempunyai fungsi sosial yaitu untuk kesejahteraan masyarakat desa dengan menggerakkan potensi ekonomi lokal desa.

Sementara itu selesai kegiatan BatiTuud berharap dengan adanya BUMDes nantinya dapat berkembang, sehingga memiliki manfaat dari segi ekonomi secara luas dalam menciptakan lapangan kerja dan juga dapat menyejahterakan masyarakatnya, (Pendim 0728/Wng).

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda