Jaga Pelestarian Adat Budaya, Babinsa Pulutan Wetan Hadiri Tradisi Bersih Dusun - Baretta News : berita seputar militer Terkini Terbaru Terupdate

Senin, 04 Juli 2022

Jaga Pelestarian Adat Budaya, Babinsa Pulutan Wetan Hadiri Tradisi Bersih Dusun


Wonogiri – Walaupun pandemic Covid-19 belum sepenuhnya dinyatakan telah selesai, dan penerapan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 sudah diberikan pelonggaran. Dampaknya pun warga sudah bisa melaksanakan tradisi sedekah bumi/bersih dusun.

Seperti yang dilaksanakan oleh warga Dusun Gudang, Desa Pulutan Wetan, Kecamatan Wuryantoro, dengan menggelar kegiatan bersih dusun dengan semarak yang turut dihadiri oleh Kepala Desa Pulutan Wetan Suyanto, Babinsa Desa Pulutan Wetan Koramil 10/Wuryantoro Serda Surono, Minggu(3/7) Malam.

Serda Surono mengatakan, kegiatan bersih dusun merupakan kegiatan adat Jawa dalam pelestarian budaya, berupa tasyakuran kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan limpahan nikmat, rezeki, keselamatan dan lain sebagainya, juga berdoa supaya di tahun selanjutnya diberi rezeki yang makin banyak.

Babinsa menambahkan, kegiatan seperti ini merupakan tradisi kearifan lokal yang harus tetap dilestarikan dan dipertahankan di masa modern seperti saat ini, serta sudah dilaksanakan secara turun temurun yakni rutin dilaksanakan warga pada setiap tahunnya.

" Kami sangat berterima kasih kepada para tokoh masyarakat dan para sesepuh Desa Pulutan Wetan pada umunya dan Dusun Gudang khusunya yang masih bisa mempertahankan adat istiadat dan masih diteruskan serta dikenalkan kepada penerus muda ", pungkas Babinsa. (Pendim 0728/Wng).

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda