Swipe up untuk membaca artikel

Babinsa Koramil 07 / Wedi Hadiri Kegiatan Rakor Percepatan Penurunan Stunting

Babinsa Koramil 07 / Wedi Hadiri Kegiatan Rakor Percepatan Penurunan Stunting


Klaten - Babinsa Koramil 07/Wedi Kodim 0723/Klaten Koptu Joko Suranto menghadiri rakor percepatan penurunan Stunting di Aula Kantor Kecamatan Wedi. Sabtu (26/03/2022).

 

Stunting merupakan masalah gizi kronis, yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam kurun waktu yang lama. Stunting terjadi karena makanan kedalam tubuh tidak sesuai kebutuhan gizi yang diperlukan, dan itu terjadi dari mulai di dalam kandungan serta baru terlihat setelah usia 2 tahun.

 

Selain pertumbuhan tubuh terhambat, Stunting juga dapat mempengaruhi perkembangan otak, mempengaruhi produktivitas, daya serap dan kreativitas di usia produktif anal. Tujuan dilaksanakannya rembuk Stunting adalah untuk meningkatkan komitmen para pengambil kebijakan dalam peningkatan Stunting serta meningkatkan kemampuan mencapai kecamatan wedi bebas Stunting.

 

Kapten Cpl Tri Joko, komandan Koramil mengatakan dalam rapat tersebut dijelaskan upaya penurunan Stunting dapat dilakukan melalui dua intervensi, yaitu intervensi gizi spesifik untuk mengatasi penyabab langsung dan intervensi gizi sensitif untuk mangatasi penyebab tidak langsung.

 

Penurunan Stunting memerlukan pendekatan yang menyeluruh, yang harus dimulai dari pemenuhan prasyarat pendukung. Dalam hal ini TNI Khususnya koramil juga sudah melakukan upaya penurunan Stunting dengan pelaksanaan program Bhakti TNI yaitu jambanisasi, guna menjaga sanitasi lingkungan masyarakat desa wilayah koramil 07/wedi.

 

"Mari budayakan hidup bersih dan sehat serta melaksanakan perbaikan gizi dalam keluarga untuk mencegah Stunting" ucap komandan Koramil Kapten Cpl Tri Joko. (Red)

berita Berita Satuan covid 19 tni