Swipe up untuk membaca artikel

Sukseskan Program Vaksinasi, Babinsa Tingkatkan Koordinasi Dengan Nakes Puskesmas

Kodim Saumlaki ~ Untuk membangun konsep diri serta memupuk hubungan dengan orang lain diperlukan komunikasi sosial (Komsos) dengan masyarakat.Demikian juga halnya, untuk mempererat tali silaturahim dan kerja sama yang baik dalam rangka mendukung tugas pokok Babinsa serta terwujudnya Kemanunggalan TNI dengan rakyat Babinsa harus rutin melaksanakan Komsos dengan warga binaannya dan Tiga Pilar diwilayah binaannya .


Selain itu,Komsos yang dilaksanakan Babinsa juga bisa mendukung program pemerintah dalam percepat penanganan Covid-19.


Seperti yang dilakukan Babinsa Praka Melianus Molly, Senin(7 Januari 2022).


Kali ini,Babinsa melaksanakan Komsos dengan UPT Puskesmas Namtabung dr. Boney Oratmangun
Kecamatan Selaru Kabupaten Kepulauan Tanimbar.


Dalam pelaksanaan Komsosnya,Babinsa membahas tentang rencana pelaksanaan Vaksin di UPT Puskesmas Namtabung.


"Komsos dengan pihak Puskesmas kita laksanakan untuk berkordinasi agar dapat menyampaikan kemasyarakat kapan kegiatan vaksinasi dilaksanakan di Puskesmas Namtabung, sehingga kami selaku Babinsa  bisa mengetahui jumlah warga yang akan mengikuti vaksin untuk dilaporkan kepada pimpinan kami,"sebut Babinsa.


Terpisah,Danramil 1507-03/Selaru mengatakan bahwa,komunikasi sosial merupakan salah satu metode Binter TNI AD yang dapat dilaksanakan secara teratur untuk mencapai tujuan komunikasi sosial sesuai dengan yang diharapkan.


"Melalui komunikasi ini, Babinsa harus dapat mempelajari serta menafsirkan situasi apapun yang akan dihadapi. Dengan komunikasi juga dapat beradaptasi serta mengatasi masalah yang sedang terjadi, "terangnya.


Ia pun menambahkan salah satu tujuan komunikasi sosial adalah terbentuknya suatu aktualisasi diri pribadi, stabilitas sosial, tertib sosial, penerusan nilai nilai lama dan baru di masyarakat sehingga dapat memupuk, membina dan memperluas kesadaran masyarakat.


Babinsa akan selalu mengadakan koordinasi dengan masyarakat dan Tiga Pilar guna bertukar informasi yang berkembang di wilayah binaan dalam deteksi dini dan cegah dini setiap ada perkembangan di wilayah,"ujar Danramil.


Dengan komsos yang dilaksanakan secara rutin diharapkan terjadi sinergitas antara Babinsa, warga dan aparat wilayah setempat sehingga tercipta situasi wilayah yang selalu aman.

"Saat ini situasi masih Pandemi Covid-19,saya selalu menekankan kepada personel Babinsa agar jangan bosan memberikan himbauan disiplin Protkes dan mengajak masyarakat untuk vaksinasi,guna mendukung program pemerintah dalam percepat penanganan Covid-19,"pungkas Danramil.(Red)

berita Berita Satuan covid 19 tni