Kasrem 074/Warastratama Hadiri Apel Gelar Pasukan Purkota - Baretta News : berita seputar militer Terkini Terbaru Terupdate

Sabtu, 26 Februari 2022

Kasrem 074/Warastratama Hadiri Apel Gelar Pasukan Purkota

Kasrem 074/Warastratama Hadiri Apel Gelar Pasukan Purkota

Kepala Staf Korem 074/Warastratama Letkol Inf Ali Akhwan mewakili Danrem 074/Warastratana Kolonel Inf Achiruddin, S. E., menghadiri apel gelar pasukan latihan Pertempuran Kota (Purkota), Sabtu (26/02/2022). 

Latihan Purkota ini diikuti 1500 personel utama Yonif 400/BR dibantu Satuan bantuan tempur dan Satuan bantuan administrasi

Materi dalam latihan tersebut meliputi operasi pembebasan tawanan, operasi raid penghancuran, operasi lawan insurjen, pertempuran jarak dekat dan serbuan bus. 

Latihan diawali aksi Tim Yonif Raider 400/BR menghancurkan tower komunikasi musuh. Kemudian dilanjutkan penyerbuan serangan di jantung pertahanan musuh. 

Latihan Purkota berakhir ditandai dengan apel gelar pasukan di alun alun Kabupaten Karanganyar yang dipimpin oleh Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Parwito dan diikuti seluruh satuan jajaran Kodam IV/Diponegoro.

Melalui amanat Pangdam IV/Diponegoro, 
Kasdam menerangkan latihan tersebut digelar sebagai tolak ukur kesiapan satuan jajaran Kodam IV/Diponegoro dalam mengantisipasi ancaman yang timbul dan mengganggu stabilitas negara, khususnya di Wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Ancaman tersebut contohnya ancaman radikalisme yang mengarah pada terjadinya terorisme. 

" Kondisi seperti ini harus segera kita antisipasi, jangan sampai kita kalah cepat dari kelompok kelompok radikal yang berusaha melakukan aksi untuk menganggu stabilitas keamanan wilayah maupun nasional," jelasnya. 

"Kita harus memaksimalkan  kinerja aparat intel di lapangan, lakukan koordinasi secara terpadu dengan aparat teritorial, lakukan pembinaan mental serta optimal peran Babinsa di Wilayah masing-masing untuk meminimalisir kemungkinan masuk dan berkembangnya kelompok-kelompok radikal dalam masyarakat," tegasnya.

"Kemampuan tempur bukan hanya dimiliki oleh pasukan khusus atau Raider tetapi harus dimiliki juga oleh seluruh satuan tempur jajaran Kodam IV/Diponegoro," pungkasnya. (Red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda