Swipe up untuk membaca artikel

Ziarah Menjadi Tradisi Dalam Menyambut Hari Jadi Karanganyar Ke 104

KARANGANYAR - Menjelang peringatan Hari Jadi Kabupaten Karanganyar ke 104 besok pada tanggal 18 Nopember 2021, Bupati Karanganyar bersama Forkopimda dan rombongan melaksanakan ziarah ke makam leluhur di beberapa wilayah Kabupaten Karanganyar, Jum'at 05 Nopember 2021.

Turut hadir Kepala Staf Kodim 0727/Karanganyar Mayor Inf Sudarmin mewakili Dandim Letkol inf Ikhsan Agung Widyo Wibowo, S.I.P, Waka Polres Karanganyar Kompol Purbo, Ketua DPRD Karanganyar Bagus Selo.

Rombongan melkasanakan ziarah ke makam Nyi Ageng Karang, Kelurahan Tegalgede, Kecamatan Karanganyar. Pahlawan yang mempunyai nama kecil Raden Ayu Sulbiyah itu menjadi cikal bakal Karanganyar.

Setelah itu, rombongan menuju makam Randusanga, Kecamatan Tasikmadu tempat pemakaman Ronggo Panambang I, pendamping perjuangan Raden Mas Said (Pangeran Sambernyowo).

Kemudian, tempat yang juga di ziarahi yakni makam KRMT Hardjohasmoro, di pemakaman Temu Ireng, Popongan, Kecamatan Karanganyar. Dia adalah Bupati Karanganyar pertama.

Selanjutnya, melanjutkan ziarah ke Astana Mangadeg, Desa Karangbangun, Kecamatan Matesih, di makam RM Said atau Mangkunegara I, yang menjadi legenda dan semboyan Tri Darma dijadikan landasan warga Karanganyar.

Yakni melu handarbeni (merasa ikut memiliki) wajib melu hangrungkebi (wajib ikut mempertahankan) dan mulat sarira hangrasa wani (selalu introspeksi/mawas diri). Dikomplek itu juga, rombongan berziarah ke makam Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara 2 dan 3.

Setelah berdo'a dengan khusyuk, rombongan melanjutkan ziarah ke Makam Astana Giribangun tempat disemayamkan Presiden RI Soeharto dan Ibu Tien serta kedua orang tuanya dan kerabat lainnya.

Bupati Juliyatmono mengatakan, kegiatan ziarah mengawali peringatan hari Jadi Karanganyar memang dilaksanakan sebagai bentuk penghormatan kepada para leluhur yang sudah berjasa besar bagi Kabupaten Karanganyar.

"Setiap tahun menyambut Hari Jadi Kabupaten Karanganyar, selalu berziarah ke makam-makam leluhur dan mempunyai kewajiban untuk mendoakannya," kata Oarang nomor satu di Karanganyar tersebut.(Aw-Kra27)
berita Berita Satuan covid 19 tni