Wayang Kulit Dan Seni Tari, Meriahkan Malam Tirakatan HUT Ke 104 Kabupaten Karanganyar - Baretta News : berita seputar militer Terkini Terbaru Terupdate Hari Ini, Kegiatan TNI, TMMD

Kamis, 18 November 2021

Wayang Kulit Dan Seni Tari, Meriahkan Malam Tirakatan HUT Ke 104 Kabupaten Karanganyar

KARANGANYAR – Malam tirakatan HUT ke 104 Kabupaten Karanganyar dilaksanakan secara daring dan luring di GOR Raden Mas Said, (17/11). Dengan pakaian beskap jawa dan kebaya, hadir seluruh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) termasuk Dandim 0727/Karanganyar Letkol Inf Ikhsan Agung Widyo Wibowo, S.I.P. diwakili Mayor Inf Sudarmin (Kasdim), Kepala OPD 17 Kecamatan dan 177 desa/kelurahaan. 

Acara semakin menarik, karena disuguhkan kolaborasi seni yang memukau. Yakni pagelaran wayang plus tarian dengan lakon Raden Mas Said membuat audiensi merasakan perjuangan Pangeran Samber Nyawa, itu dalam mendeklarasikan Kabupaten Karanganyar.

"Momentum kali ini mengingatkan kita akan perjuangan Raden Mas Said dalam melawan penjajah, dan mendirikan Kabupaten Karanganyar. Semoga amal kebaikan para perintis ini mendapatkan surga dari Allah SWT," papar Bupati Karanganyar, Juliyatmono.

Orang nomor satu di Karanganyar tersebut mengajak untuk terus melanjutkan perjuangan Raden Mas Said. Dengan ajaran baiknya tri darma, Raden Mas Said mulat sarira hangsara wani (kenalilah dirimu dan bersikaplah gagah berani), rumangsa melu handarbeni (merasa ikut memiliki) dan melu hangrungkebi (wajib ikut mempertahankan).

Dengan semboyan tersebut diharapkan dapat membuat Karanganyar gemah ripah loh jinawi. "Semoga kebersamaan kita ini dapat membuahkan rasa percaya diri, rasa optimis untuk membangun Karanganyar lebih sejahtera lagi. Dan semoga pandemi segera berlalu dan Karanganyar menjadi yang terdepan bangkit ekonomi," imbuhnya.

Sementara Ketua Panitia, Suprapto SH, MM mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu terlaksananya acara ini. Semoga yang saat ini datang maupun mengikuti secara luring diberkahi oleh Allah SWT. Pada kesempatan itu, Suprapto mengatakan, malam tirakatan HUT ke 104 Kabupaten Karanganyar dilaksanakan secara virtual dan diikuti oleh 17 kecamatan, kepala desa dan kelurahan sekabupaten Karanganyar melalui zoom. 

"Kegiatan ini sudah dimulai sejak sore tadi dengan pembacaan Al Quran oleh santri-santri dari Darul Arqom, Darul Quran dan Darul Amal. Pada kesempatan ini juga diberikan hadiah kepada para pemenang lomba dalam rangka HUT ke 104 Kabupaten Karanganyar," pungkasnya.(Lam-Kra27)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda