Tumbuhkan Rasa Nasionalisme Dan Patriotisme, Pelda Bambang Berikan Wawasan Kebangsaan Kepada Pelajar - Baretta News : berita seputar militer Terkini Terbaru Terupdate Hari Ini, Kegiatan TNI, TMMD

Rabu, 03 November 2021

Tumbuhkan Rasa Nasionalisme Dan Patriotisme, Pelda Bambang Berikan Wawasan Kebangsaan Kepada Pelajar



Wonogiri – Perjuangan bangsa Indonesia dalam kemerdekaannya, memberikan bukti yang nyata bahwa dengan semangat persatuan dan kesatuan, rasa cinta tanah air dan kesadaran bela negara, sebagai satu kekuatan yang memungkinkan kita mampu meraih dan menegakkan kemerdekaan NKRI hingga saat ini.

Untuk itu, seluruh warga negara harus mempunyai semangat pembelaan/belanegara yang tangguh, terhadap eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Maka, semangat bela negara harus ditanamkan kepada seluruh warga negara secara dini dan terpadu, disemua strata kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hal ini akan lebih optimal, apabila ditanamkan secara dini dalam menanamkan dan menumbuhkan jiwa patriotisme kepada generasi muda penerus bangsa, baik secara formal (di lingkungan pendidikan) maupun secara non formal (di lingkungan keluarga).

Untuk itu, Koramil 24/Puhpelem menggandeng SMK N 1 Puhpelem untuk melaksanakan kegiatan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara(PPBN) dengan tujuan untuk menanamkan semangat juang dalam menempuh pendidikan di tingkat SMK maupun SLTA. Kegiatan yang mengambil tema " Jiwa Nasionalisme dan Patriotisme terhadap NKRI " tersebut dilaksanakan dengan tetap menerapkan protocol kesehatan secara ketat, Rabu(3/11).

Terpisah Danramil Kapten Inf Tono mengatakan, pemberian materi Wawasan Kebangsaan di sekolah-sekolah sangat penting sekali dengan tujuan agar para siswa sebagai generasi penerus bangsa memiliki wawasan kebangsaan yang luas, sehingga memiliki rasa cinta tanah air dan bangsa, persatuan dan kesatuan serta siap menerima tahta kepemimpinan di masa yang akan datang.

Dalam kesempatan tersebut, Bati Tuud Peltu Bambang menyampaikan materi kepada 75 siswa-siswi kelas X yang terbagi dalam 5 kelas berbeda, dengan kapasitas masing-masing ruangan sebanyak 15 orang. Dirinya mengajak kepada generasi muda untuk lebih bijak dalam menyikapi perkembangan zaman saat ini, sebagai generasi penerus bangsa hendaknya memiliki kemantapan rasa cinta tanah air, bela negara dan memiliki kemantapan wawasan kebangsaan sehingga nantinya mampu menjadi pemimpin yang senantiasa mengedepankan kepentingan bangsa dan kedaulatan NKRI, (Pendim 0728/Wng).

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda