TNI Bersama Tim Gabungan Berhasil Evakuasi Kakek Empat Cucu Yang Tertimbun Longsor - Baretta News : berita seputar militer Terkini Terbaru Terupdate Hari Ini, Kegiatan TNI, TMMD

Rabu, 17 November 2021

TNI Bersama Tim Gabungan Berhasil Evakuasi Kakek Empat Cucu Yang Tertimbun Longsor

KARANGANYAR - Alhamdulillah akhirnya, TNI (Kodim 0727/Karanganyar) bersama Tim SAR gabungan berhasil menemukan jenazah Sastro Setu (58), pekerja bangunan yang tertimbun longsoran material talut yang ambrol di tebing Sungai Siwaluh, wilayah Gerdurejo, Kelurahan Tegalgede, Kecamatan Karanganyar. Rabu (17/11/21)

Sudah tiga hari dalam pencarian akhirnya jasad Mbah Setro Setu warga Melikan RT 5 RW 6 Kelurahan Popongan, Kecamatan Karanganyar itu berhasil dievakuasi pukul 16.15 WIB.

Korban tertimbun longsoran talut pada Senin (15/11) pukul 11.00 WIB, saat bekerja membuat lubang dudukan cakar ayam, untuk membuat talut penguat di dasar Sungai Siwaluh.

TNI bersama tim SAR gabungan berhasil menemukan keberadaan tubuh pria 58 tahun itu sekitar pukul 15.00 WIB. Akan tetapi proses evakuasi tidak bisa segera dilakukan, karena tubuhnya masih tertimbun pasir dan batu. Kondisi air yang keruh dan banyak material dari talut yang ambrol membuat proses evakuasi cukup sulit dilakukan. Setelah material yang menimbun disingkirkan, korban akhirnya berhasil diangkat.

Kakek yang mempunyai empat cucu tersebut berhasil dievakuasi pukul 16.15 WIB. Saat ditemukan, posisinya berdiri di kedalaman 1,5 meter dari permukaan air. Korban diperkirakan terhempas sejauh 5 meter dari posisi awal, karena terdorong longsoran material," kata Koordinator Basarnas Pos SAR Surakarta Arief Sugiarto.

Korban ditemukan di sekitar lokasi penemuan sejumlah barang. Pada Rabu 17 November 2021 pukul 14.10 WIB, Tim SAR menemukan cangkul dan ganco. Sementara sehari sebelumnya, Selasa (16/11), Tim SAR menemukan ceret, linggis dan sandal yang diduga milik korban,"terang Arief.

Jenazah korban dibawa ke RSUD Karanganyar untuk diidentifikasi dan pemeriksaan medis. Dengan ditemukannya korban, operasi pencarian kami tutup,"pungkasnya.(Sw-Kra27)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda