Swipe up untuk membaca artikel

Sinergitas Babinsa Dan Bhabinkamtibmas Di Harapkan Dapat Menjadi Agen Pencegahan Covid 19



Wonogiri - Keterlibatan Babinsa dalam pelaksanaan penelusuran kontak erat yang pernah terpapar, sebagai tindakan percepatan penanganan kasus Covid-19, kegiatan pendampingan Tracing merupakan bagian tugas TNI untuk menghentikan Pandemi.

Seperti yang dilakukan Serda Samsu Ashar Babinsa Desa Suci Koramil 13/Pracimantoro, bersama anggota Polsek pracimantoro Aiptu joko Susilo mendampingi Tim medis Puskesmas ll Pracimantoro Sutarno S.Kep,NS, Nur Komariyah  Amd.Keb dan Prastika Amk melakukan Tracing kepada warga bertempat di Dusun Sinung, Desa Suci, Kec. Pracimantoro. Jumat (16/7).

Danramil 13/Pracimantoro Kpt Inf Handriya menjelaskan, Babinsa yang merupakan ujung tombak satuan teritorial di lapangan di harapkan dapat menjadi agen pencegahan, pendeteksian dan penanggulangan terhadap penyebaran Virus Corona di wilayah tugas dan tanggung jawabnya sehingga dapat di ambil tindakan deteksi dini dan cegah dini, agar tidak semakin meluas.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk menghentikan Pandemi Covid 19. Guna mengendalikan laju penyebaran virus tersebut. Salah satunya dengan mengidentifikasi terhadap orang-orang yang melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19 dengan istilah contact tracing, tujuanya untuk menghambat penyebaran infeksi ke kerumunan besar atau komunitas melalui pemutusan rantai transmisi.

Contact tracing dilakukan untuk mengetahui siapa saja yang telah bertemu dengan penderita virus corona, yang juga akan memudahkan petugas kesehatan untuk mengambil tindakan agar virus ini tidak menyebar semakin luas. Tugas dari tim Contact Tracing adalah menemukan Kasus baru, pelacakan kontak erat, Edukasi kepada masyarakat, pemantauan kasus konfirmasi dan kontak erat. (Pendim 0728/Wng)
berita covid 19 klaten tni