Swipe up untuk membaca artikel

Camat Kormomolin : TMMD jadi kekuatan luar biasa memajukan desa.

Camat Kormomolin : TMMD jadi kekuatan luar biasa memajukan desa. 

Saumlaki - Sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat serta pemerintah daerah dan desa melalui TMMD menjadi kekuatan luar biasa untuk memajukan desa kata Camat Kormomolin Franki Lambiombir, S. Sos.

"Selain itu, TMMD juga menggali dan mendayagunakan potensi serta mengatasi berbagai permasalahan yang ada di tengah masyarakat," di Kormomolin, Kamis (08/07/2021).

Ia menyampaikan hal tersebut pada Komandan SSK TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reg ke-111 Kodim 1507/Saumlaki di Desa alusi batjas dan lorwembun, Kecamatan Kormomolin.

Franki mengatakan TMMD merupakan bagian dari cara merawat dan mengikat kebersamaan serta kegotongroyongan untuk mengatasi persoalan-persoalan kebangsaan.

Camat menyampaikan tema "TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri" apabila dikaitkan dengan kondisi kebangsaan saat ini tema tersebut sangatlah tepat.

"Sejarah mengajarkan bahwa semangat kebersamaan, kegotongroyongan serta persatuan dan kesatuan merupakan senjata ampuh bangsa Indonesia dalam menghadapi permasalahan dan tantangan," katanya.

Ia menuturkan hal ini harus senantiasa dirawat dan dijaga bersama, jangan sampai kapital sosial berharga ini luntur dan sirna tergerus oleh berbagai perbedaan yang ada.

"Berbeda itu biasa, karena berbeda itu memang kodrat dari Sang Pencipta, maka melalui TMMD ini mari gelorakan lagi semangat kolektifitas serta persatuan dan kesatuan seluruh elemen masyarakat mari bangun sarana dan prasarana talud, fasilitas sosial yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat desa," katanya.

Selain itu, katanya program TMMD juga harus diarahkan untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat, meningkatkan kesehatan lingkungan dan memantapkan kerukunan semua masyarakat.

"Kami juga berharap program TMMD kali ini bisa disisipkan program-program unggulan Kecamatan Kormomolin sesuai program tahun 2021, yaitu mempercepat pemulihan ekonomi dan reformasi soasial melalui gerakan Mustika Desa," katanya.
Mustika Desa merupakan kepanjangan dari masyarakat unggul sejahtera dan desa bebas sampah.

Menurut dia Mustika Desa merupakan inovasi Pemkab Kepulauan Tanimbar mengkolaborasikan potensi modal sosial dan lingkungan, antara pemerintah dengan kelompok mayarakat untuk memiliki kepedulian pada pemulihan ekonomi utamanya yang terdampak COVID-19.

TMMD yang berlangsung pada 15 Juni sampai 14 Juli 2021 di Desa alusi batjas dan lorwembun, Kecamatan Kormomolin ini dengan sasaran fisik, yakni Sasaran di Desa Lorwembun Kec. Kormomolin pembangunan talud pantai/penahan ombak (panjang : 300 m, lebar bawah : 1,40 m, tinggi : 2,20 m, lebar kepala 80 cm, kedalaman kopor : 80 cm). 

Serta Sasaran yang ada di Desa Alusis Batjas Kec. Kormomolin'  Pembangunan talud penahan banjir (panjang : 300 m, lebar bawah : 1,50 m, tinggi : 1,80 m, lebar kepala 50 cm, kedalaman kopor : 80 cm) dan pembangunan talud penahan ombak (panjang : 127 m, lebar bawah : 1,40 m, tinggi : 2,20 m, lebar kepala 80 cm, kedalaman kopor : 80 cm) serta pembangunan saluran Drainase %%(panjang : 69 m, lebar bawah : 1,60 m, lebar atas : 1,90 m ,tinggi : 1,50 m).

Kemudian sasaran nonfisik meliputi sosialisasi pencegahan COVID-19, wawasan kebangsaan, sosialisasi Hukum, layanan stunting dan KB. (Pendim 1507/SLK)
berita covid 19 TMMD TMMD Reg tni