Swipe up untuk membaca artikel

Brigjen TNI Arnold A. P. Ritiauw Minta TMMD Tepat Sasaran Dan Waktu.

Brigjen TNI Arnold A. P. Ritiauw Minta  TMMD Tepat Sasaran Dan Waktu.

 


Saumlaki - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Saumlaki bersama Kodim 1507/Saumlaki melaksanakan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 tahun 2021 di Desa Lorwembun dan alusi batjas, Kecamatan Kormomolin, Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

 

Kegiatan TMMD yang memiliki tema "Wujud Sinergi Membangun Negri" itu dilaksanakan selama 30 hari dimulai dari 15 Juni s/d 14 Juli 2021, dengan sasaran pembangunan fisik dan non fisik.

 

Untuk kegiatan fisik terdiri dari Sasaran pembangunan di Desa Lorwembun Kec. Kormomolin pembangunan talud pantai/penahan ombak (panjang : 300 m, lebar bawah : 1,40 m, tinggi : 2,20 m, lebar kepala 80 cm, kedalaman kopor : 80 cm).

 

Serta Sasaran pembangunan yang ada di Desa Alusis Batjas Kec. Kormomolin'  Pembangunan talud penahan banjir  dan pembangunan talud penahan ombak serta pembangunan saluran Drainase. Sementara itu, pembangunan non fisik meliputi penyuluhan kesehatan, wawasan kebangsaan bela negara, Kamtibmas, keagamaan, bahaya Covid-19, dan kegiatan pencegahan bahaya stunting, posyandu dan pos bindu PTM.

 

Bupati Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon SH. MH. mengatakan, TMMD merupakan aksi nyata untuk ibu pertiwi dan masyarakat. Apalagi, tujuan TMMD untuk meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah.

 

"Kegiatan ini mengajak semua untuk bergotong royong. Lewat kebersamaan, semua persoalan berat akan menjadi ringan," ucap Fatlolon saat mendampingi Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Arnold. A. P. Ritiauw yang melakukan peninjauan ke lokasi TMMD, Selasa (06/07/2021).

 

Bupati Fatlolon mengapresiasi hasil pekerjaan dalam kegiatan TMMD yang maksimal. "Seperti pembangunan talud penahan ombak, talud pantai/penahan ombak, kalau dihitung per anggarannya tidak akan cukup untuk pembangunan talud, namun lewat keterlibatan semua pihak akhirnya bisa dibangunkan talud yang layak," jelasnya.

 

Bupati Fatlolon menambahkan bahwa sinergitas Kodim 1507/Saumlaki bersama Pemkab Kepulauan Tanimbar bukan kali pertama. Sebelumnya, telah bersinergi dalam membangun rumah yang kurang layak huni dan program pembangunan jamban lewat karya bakti TNI.

 

Di tempat yang sama Komandan Korem 151/Binaiya Brigjen TNI Arnold A. P. Ritiauw berserta tim Wasev berpesan bahwa pelaksanaan TMMD ini harus berjalan tepat sasaran dan waktu.

 

"Partisipasi aktif dari warga masyarakat menjadi kunci kelancaraan pelaksanaan TMMD. Maka dari itu, perlu kerjasama dan kerja bersama, Lewat TMMD dan gotong royong yang melibatkan masyarakat, lorwembun dan alusi batjas bisa mengubah talud menjadi bagus dan kokoh. Bahkan pembangunan talud pun sudah terlihat hasilnya walaupun anggaran sangat minim kita akan maksimalkan hasil," terangnya.

 

Sementara itu, Dandim 1507/Saumlaki, Letkol Inf Indra Hirawanto, S. Sos., M.I.Pol, menyampaikan bahwa kegiatan  TMMD ke 111 ini tujuannya adalah mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Apalagi, Pemkab Kepulauan Tanimbar sangat konsen dalam memajukan wilayah.

 

"150 personel dilibatkan, lewat TMMD dan gotong royong yang melibatkan masyarakat kita perlancar urat nadi ekonomi masyarakat, sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.

 

Salah seorang warga lorwembun ibu Yuliana mengaku bersyukur dan bahagia dengan adanya kegiatan TMMD. "Pembangunan ini sangat dinantikan masyarakat sejak dulu puji Tuhan dan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung pembangunan, dengan TMMD pembangunan talud penahan ombak dan talud pantai/penahan ombak bisa terlaksana," terangnya. (Red)

berita covid 19 TMMD TMMD Reg tni