Swipe up untuk membaca artikel

Kodim Sragen - Penyuluhan pertanian dan peternakan di Desa Juwok adalah sasaran non fisik terakhir TMMD reguler 108 Sragen

Kodim Sragen - Penyuluhan pertanian dan peternakan di Desa Juwok adalah sasaran non fisik terakhir TMMD reguler 108 Sragen
Add caption


Di puncak penutupan TMMD reguler ke 108 Sragen,  Satgas TMMD ke-108 Kodim 0725/Sragen menggelar Penyuluhan Peternakan dan Perkebunan, sebagai bentuk program non fisik untuk masyarakat Desa Juwok, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sragen, Selasa (28/07/2020).


Kegiatan ini juga melibatkan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Kecamatan Sukodono ibu Diah Prabantari, wakapolsek Sukonono Ipda Yana, kepala Desa Juwok Suyono M.Pd.B, yang  juga dihadiri kelompok tani Desa Juwok kurang lebih 20  orang.


Dalam pertemuan itu, Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Peternakan Kecamatan Sukodomo, ibu Diah Prabantari menerangkan tata cara membudidayakan hewan ternak agar lebih maksimal hasilnya. Ia juga mengarahkan proses pemberian pakan yang baik terhadap hewan ternak yang dipelihara masyarakat Desa Juwok.


Menurut ibu Diah mengatakan; "Pengetahuan masyarakat peternak terkait dengan pengolahan makanan masih sangat rendah sekali atau belum tepat, itu terkait makanan organik maupun lainnya. Makanan yang tidak sesuai dengan takaran memang tidak dianjurkan, sebab hal itu membuat hasil peternakan tidak dapat maksimal."


Jika dilihat secara data, peternakan merupakan potensi untuk daerah tertinggal yang bisa menggerakkan taraf hidup masyarakat desa Juwok. Tentu dengan adanya penyuluhan seperti ini masyarakat pedesaan akan paham dan mengerti pentingnya untuk memperhatikan pola makan bagi ternak, sehingga tidak hanya melulu menggunakan cara tradisional yang selama ini sudah dilakukanya, akan tetapi harus lebih kepada pola makan yang sesuai.


Ditemui di tempat terpisah, Letkol Kav. Luluk Setyanto M.P.M Dansatgas TMMD Reg 108 kodim 0725/Sragen mengatakan, "Penyuluhan tersebut dilakukan untuk memberikan pengetahaun dan wawasan kepada para warga khususnya para petani dan peternak sehingga nantinya diharapkan dapat menerpkan ilmu tersebut dirumahnya masing -- masing."


Babinsa Desa Juwok Kecamatan Sukodono sertu Maftukan berharap, setelah mengikuti penyuluhan warga juwok dapat menerapkan serta menggunakan ilmu yang didapat untuk meningkatkan hasil peternakan maupun hasil pertaniannya.


Sementara itu, salah satu warga, Darno (37) menyampaikan bahwa kegiatan penyuluhan ini sangat penting bagi masyarakat Desa Juwok karena menambah ilmu pengetahuan tentang pertanian dan peternakan.


"Kami mengucapkan terima kasih kepada anggota TNI yang menghadiri kegiatan penyuluhan dalam program TMMD ini. Karena selain pembangunan, kami juga membutuhkan pemberdayaan dalam meningkatkan ekonomi", pungkasnya.(RED)


berita tni