Swipe up untuk membaca artikel

Kodim Sragen - Kodim Sragen Latihan Gladi Posko I

Kodim Sragen - Kodim Sragen Latihan Gladi Posko I
Add caption


Sragen 04 Mei 2020, Kodim 0725/Sragen menggelar latihan gladi posko I tahun 2020 dengan mengusung tema, "Kodim 0725/Srg melaksanakan operasi bantuan kepada pemerintah daerah diwilayahnya dalam rangka membantu penanggulangan terjadinya bencana alam banjir".


Gladi posko yang digelar selama tiga hari dari tanggal 04 s/d 06 Mei 2020 itu sebagai upaya untuk menyiapkan kekuatan TNI dalam sebuah proses penanganan bencana alam terutama banjir. Pembukaan latihan dibuka oleh  Komandan Korem 074/Wrt Brigjen TNI Rafael Granada baay dihadiri oleh Para Dandim Se Surakarta dan melibatkan BPBD Sragen, Tagana Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan Kabupaten. 


Danrem yang juga Komandan Latihan Gladi Posko Latihan Posko I Kodim 0725/Sragen dalam amanatnya mengatakan "yang kita laksanakan ini, merupakan program kerja Korem 074/Warastratama TA. 2020,  khususnya dibidang latihan guna menguji kinerja serta kemampuan Komandan dan Staf dalam menjalankan teknik, prosedur dan tata kerja yang berlaku untuk merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan serta mengendalikan suatu operasi di satuan, baik dalam rangka Operasi Militer untuk Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP)".


"Kegiatan Latihan Posko-I yang dilaksanakan saat ini memiliki nilai strategis untuk meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf Kodim 0725/Srg dalam Proses Pengambilan Keputusan Taktis guna menghadapi tugas-tugas kewilayahan, terutama dalam memberikan bantuan kepada Pemda untuk mengatasi penanggulangan bencana alam yang terjadi di wilayahnya sesuai dengan UU RI No. 24 Tahun 2007 pasal 5 dan 6 tentang penanggulangan bencana alam" lanjut Danrem


Danrem berharap dengan latihan posko tersebut dilaksanakan dengan serius, sungguh-sungguh dan bertanggung jawab disertai harapan semoga setelah mengikuti latihan posko ini setiap peserta memiliki kemampuan dan kepekaan yang lebih terhadap setiap jenis bencana yang terjadi diwilayah, serta mampu menganalisa dan mengantisipasi ke depan untuk menentukan tindakan pencegahan dan penanggulangan terhadap potensi ancaman yang dapat terjadi serta mampu mengoperasionalkan  Protap yang sudah ada.


Hal senada juga disampaikan Dandim 0725/Srg Letkol Kav Luluk Setyanto, MPM yang mengatakan bahwa gladi posko dilakukan untuk meningkatkan hubungan komandan dan staf dalam merencanakan operasi dan melaksanakan olah yudha, menyelenggarakan komando pengendalian operasi serta menyelenggarakan implementasi prosedur dan tata kerja yang berlaku di suatu pos komando.


"Dengan kegiatan yang dipusatkan di Makodim 0725/Srg, gladi posko itu diharapkan mampu memantapkan tugas-tugas yang didapatkan kemampuan yang memadai khususnya dalam menanggapi, menangani dan menyelesaikan suatu permasalahan dengan cepat dan tepat sehingga tidak berkembang menjadi kerawanan yang mempengaruhi stabilitas keamanan dan menghambat pembangunan di daerah," kata Dandim.


"Penyelenggaraan latihan gladi posko ini tetap mengutamakan prosedur covid 19 yakni sebelum dan sesudah tempat  latihan digunakan disemprot disinfektan dahulu, menjaga jarak perorangan, selain itu juga peserta latihan dicek suhu tubuhnya setiap hari dan tak lupa wajib memakai masker" pungkas Dandim.(RED)


berita tni