Tahun Baru, Dandim Dan Bupati Klaten Kunjungi Kampung Terisolir di Lereng Merapi - Baretta News

Rabu, 01 Januari 2020

Tahun Baru, Dandim Dan Bupati Klaten Kunjungi Kampung Terisolir di Lereng Merapi

Tahun Baru, Dandim Dan Bupati Klaten Kunjungi Kampung Terisolir di Lereng Merapi

Komandan Kodim 0723 Klaten Letkol Kav Minarso,S.I.P dan Bupati Klaten Hj Sri Mulyani beserta sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Klaten, mengawali Tahun baru 2020 dengan mengunjungi kampung terisolir di lereng Gunung Merapi tepatnya di Dukuh Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Rabu (01/01/2020)

Kunjungan Bupati yang didampingi Dandim Klaten ke Dukuh Girpasang, Desa Tegalmulyo untuk melihat langsung kondisi warga Dukuh Girpasang, disitu Bupati juga menyampaikan rencana pembangunan jembatan gantung yang menghubungkan Dukuh Ngringin dengan Dukuh Girpasang.
Setibanya di Dukuh Ngringin, Desa Tegalmulyo Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten.

Saat itu rombongan menyusuri jalan setapak melewati lembah Dukuh Ngringin untuk menuju Dukuh Girpasang dan kedatangan Bupati dan Dandim Klaten serta seluruh rombongan tersebut disambut oleh tokoh masyarakat Dukuh Girpasang Yosorejo (65) dan Supadmo (69).

Dalam sambutannya, Hj Sri Mulyani mengatakan, warga yang tinggal di Dukuh Girpasang ada sekitar 39 jiwa, namun kalau untuk ke luar dari Dukuh Girpasang warga harus menyusuri lembah dengan 1001 tangga yang membutuhkan tenaga ekstra kuat.

Untuk itu Pemkab Klaten berupaya membantu warga Dukuh Girpasang dengan membangunkan jembatan gantung dengan panjang sekitar 120 meter.

Untuk pembangunan jembatan gantung tersebut, kata Hj Sri Mulyani, pihaknya sudah menyampaikan kepada Presiden RI, Ir H Joko Widodo. Jika dibangun jembatan permanen yang menghubungkan Dukuh Girpasang dengan Dukuh Nringin maka biayanya hampir Rp 10 miliar, namun jika dibangun jembatan gantung biayanya sekitar Rp 1 miliar, sehingga direncanakan akan dibangun dengan jembatan gantung.

Lebih lanjut Hj Sri Mulyani mengungkapkan Pemkab Klaten akan membuat skema pembiayaan untuk pembangunan jembatan gantung itu dan akan mengajukan anggaran ke pemerintah pusat atau mengajukan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) Badan Usaha Milik Negara (BUMN)dan Pemkab Klaten juga berupaya agar pembangunan jembatan gantung tersebut dapat terlaksana pada tahun 2020 ini.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Klaten untuk sementara membantu Rp 20 juta untuk pembangunan tangga beton yang ada di lembah tersebut yang rusak atau ambrol karena tergerus hujan beberapa waktu lalu.

Menurut Dandim Klaten, kedatangan Bupati Klaten ini merupakan bentuk perhatian pemerintah yang didukung oleh seluruh Forkompimda Klaten kepada warga yang tinggal di dukuh terisolir, sehingga pembangunan dapat terlaksana dengan adil dan merata diseluruh wilayah Kabupaten Klaten. Ass/Red

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda