PARTISIPASI BABINSA SEMAWUNG DALAM PEMBUATAN JUT | Baretta News

Mobile Menu

ads

Responsive Leaderboard Ad Area with adjustable height and width.

More News

PARTISIPASI BABINSA SEMAWUNG DALAM PEMBUATAN JUT

Januari 25, 2020

BOYOLALI. Wujud peran Babinsa dalam mengatasi kesulitan warganya tampak terlihat dilakukan oleh Babinsa Semawung Koramil 15/Andong Kodim 0724/Boyolali Sertu Sugiono bersama tani binaannya melaksanakan kagiatan karya bhakti dalam pembuatan pengecoran Jalan Usaha Tani (JUT) sepanjang 550 m dengan lebar 1 m, tebal 10 cm, di Dusun Turunan, Desa Semawung, Kec. Andong, Kab. Boyolali, dengan sumber Dana bantuan Gubernur Khusus Infrastruktur TA. 2019. Sabtu (25/01).

Babinsa Semawung Koramil 15/Andong Kodim 0724/Boyolali Sertu Sugiono menerangkan perbaikan JUT itu bertujuan untuk mempermudah petani menjangkau lahan persawahannya, termasuk membawa dan menjual hasil pertanian keluar dari persawahan.

Jalan Usaha Tani (JUT) merupakan salah satu faktor penentu dalam proses produksi pertanian. Akses jalan yang kurang memadai membuat proses produksi maupun distribusi hasil pertanian terhambat karena waktu banyak terbuang di jalan.

"Pada saat musim panen tiba petani selalu terkendala oleh jalan, sering kali petani harus bersusah payah melalui jalan yang kurang layak dalam mengangkat hasil panen, begitu pula sebaliknya saat bercocok tanam. Apalagi pada musim hujan seperti saat ini jalan menjadi becek dan digenangi air sehingga diperlukan penanganan segera agar proses produksi pertanian tidak terganggu" Ungkap Babinsa.

Lanjutnya, dengan adanya pembuatan Jalan Usaha Tani (JUT) ini, tentunya masyarakat, terutama bagi petani tak lagi kesulitan membawa hasil dari pertanian pada saat musim panen tiba.

Menurutnya, karya bhakti ini merupakan bentuk kepedulian TNI terhadap kesulitan masyarakat. Kehadiran Babinsa sebagai penyemangat dalam bekerja bersama membangun Jalan Usaha Tani (JUT).

Ditemui terpisah Danramil 15/Andong Kodim 0724/Boyolali Kapten Inf Budianto Inf mengatakan peran aktif Babinsa menjadi pelopor serta penyemangat bagi masyarakat dalam melaksanakan karya bhakti terutama di desa binaannya, seperti dalam pembuatan JUT ini, dimana akses jalan untuk memudahkan petani ke sawah atau ladang mereka.

Kegiatan kerja bhakti bersama petani tersebut selain dalam rangka mensukseskan program upsus swasembada pangan, Babinsa juga menanamkan nilai kepedulian, nilai kegotong royongan di masyarakat serta mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat, Kegiatan ini juga salah satu bentuk Dharma bhakti Koramil dalam melaksanakan tugas Binter di wilayah Koramil untuk membantu masyarakat. (Penerangan Kodim 0724/Boyolali)

Please write your comments
Open Comments
Close comment