Swipe up untuk membaca artikel

Cegah Demam Berdarah,Babinsa Beserta Tim PKK Galakan Sosialisasi



Wonogiri - Dalam rangka pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue ( DBD ) pada musim penghujan, Babinsa Koramil 17/Sidoharjo Kodim 0728/Wonogiri Sertu Setyo bersama tim penggerak PKK Kec.  Sidoharjo, penggerak PKK Desa Sempukerep dan Bidan Desa Ibu Heny, AMD. Keb, lakukan gerakan serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk ( Gertak PSN ) bertempat di SD negeri 1,2,3. Desa Sempu Kerep Kecamatan Sidoharjo. Kamis (30/1).

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit demam akut yang disebabkan oleh virus dengue yang menginfeksi bagian tubuh melalui sistem peredaran darah manusia melalui gigitan nyamuk Aedes Aegepty.

Gertak PSN adalah gerakan yang dilakukan secara serentak dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk memberantas sarang nyamuk dengan melakukan 3 M plus diantaranya Menguras, Menutup dan Mengubur serta mendaur ulang/ memanfaatkan barang barang bekas agar tidak menjadi tempat berkembang biaknya (Breading Place) jentik nyamuk Aedes Aegpty sp.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua tim penggerak PKK Kec. Sidoharjo Sarosa beserta tim. Ketua penggerak PKK Desa Sempukerep Parmo beserta perangkat Desa. Bidan Desa Heny, AMD. Keb. Kepala sekolah SD N 1,2,3 Sempu kerep, Babinsa Koramil 17/Sidoharjo Sertu Setyo dan Serda Sunardi, peserta sosialisasi siswa-siswi SDN 1,2,3 Sempu kerep berjumlah 180 orang.


Heny selaku Bidan desa menyampaikan kepada para siswa, tujuan di adakannya Gertak PSN ini adalah untuk mengontrol dan mengendalikan perkembangan jentik nyamuk di sekolah dan di rumah rumah, sehingga tidak terjadi Demam berdarah ataupun yang sejenisnya.

Sementara Sertu Setyo selaku Babinsa yang mendampingi kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini harus di awali dari dalam rumah para adik adik masing-masing dengan kesadaran akan pentingnya kesehatan baru di lanjutkan dengan gerakan serentak di lingkungan. Dan tidak lupa Babinsa mengingatkan kepada para siswa agar dalam kegiatan ini perhatikan faktor keamanan. (**)
berita tni